Rosemary dengan Sejuta Kegunaan

Sumber gambar : http://greensborogardens.wordpress.com/2008/06/02/rosemary-is-a-valuable-landscape-plant/

Sekilas kalau dilihat secara awam tanaman ini mirip seperti anak cemara, namun kalau diteliti lebih cermat tanaman dengan aroma khas seperti bau minyak kayu putih ini tidak lain adalah bunga rosemary

Selama ini, yang banyak diketahui oleh orang mengenai tanaman rosemary adalah sebagai tanaman hias. Tanaman yang berasal dari Eropa dan menghendaki udara kering dan sejuk ini, mulai banyak menghiasi tiap sudut ruang menjadi cantik dan semarak, dengan warna bunga ungunya. Dalam perawatannya, rosemary mampu bertahan dengan kondisi kering sehingga ketika tanah tergenang, rosemary akan mudah mati dan mudah terserang hama.

Rosemary (Rosemarynus officinalis) dari kelas Magnoliopsida family Lamiaceae ini telah dikembangkan dan diteliti oleh beberapa ahli. Dari penelitian tersebut diketahui kandungan daunnya mengandung 1- 25% minyak atsiri, therein 1,8%, chineol 30%, champor 15-255, borneol 16-20%, bornyl asetat 7% dan minyak esensial.

Manfaat tersebut diantaranya dipergunakan masyarakat sebagai tanaman pengusir nyamuk, hal ini diungkapkan oleh Ir Wahyu Suprapto pengamat tanaman obat, “ aroma yang khas dari suatu tanaman akan mampu mengusir nyamuk”. Tambahnya lagi, bahwa penggunaannya cukup mudah yaitu dengan cara daun maupun batangnya dibakar hingga menghasilkan uap, aroma yang keluar mampu masuk ke trachea nyamuk sehingga mengakibatkan nyamuk menjadi pusing dan mati.

Ada tiga macam kemotipe bunga rosemary yang digunakan sebagai aromaterapi yakni, Rosemary officinalis ct Champor yang mengandung champor sebanyak 30%. Khasiatnya sebagai deuretik dekongestan yang menstimulus sirkulasi peredaran darah dan melonggarkan otot yang tegang. Kedua Rosemary officinalis ct. Cineole yang mengandung cineole sebanyak 40-55%. Khasiat yang terdapat didalamnya yakni sebagai anti kataral, kataral itu sendiri merupakan peradangan selaput lendir dengan pengeluaran getah radang dan pengaruh peradangan pada saluran pernapasan, ekspektoran dan pengusir bakteri seperti Staphylococcus aereus dan Staphylococcus alba. Ketiga Rosemary officinalis ct Verbenon yang mengandung verbenone 15-40%, khasiatnya adalah sebagai anti kataral, ekspektoran, mukolitik dan antipasmodik Ekspektoran merupakan suatu zat yang meningkatkan pembentukan dahak dalam saluran pernapasan serta mempermudah untuk pengeluarannya. Mukolitik adalah sejenis zat yang memudahkan dalam mencairkan dahak dan apabila dahak sudah diencerkan akan lebih mudah dikeluarkan sehingga pernapasaan akan menjadi lancar. Pada daun,b isa digunakan sebagai penstimulus peredaran darah, adapun kandungan minyak artsirinya juga mampu menenangkan ketegangan syaraf.

Untuk segi kecantikan, rosemary dapat dijadikan penguat rambut yang dicampur dengan shampoo. Tidak sebagai bahan obat dan kosmetik, rosemary juga menjadi musuh alami bagi serangga, ulat,lalat wortel dan kumbang kacang,jika ditanam secara tumpangsari. Hama-hama tersebut dapat terbunuh karena aroma yang dikeluarkannya.

Namun ada dampak yang perlu diperhatikan juga bahwa pada penggunaan yang berlebih akan mengakibatkan iritasi kulit dan kram perut sewaktu haid.

Sumber gambar : http://greensborogardens.wordpress.com/2008/06/02/rosemary-is-a-valuable-landscape-plant/

Ditinjau dari bentuk tanamannya yang menarik dan manfaat yang terkandung didalamnya, tidak menutup kemungkinan rosemary memiliki nilai jual yang tinggi dan prospek yang cerah. Apabila dibudidayakan secara komersil tanaman ini akan menghasilkan keuntungan yang besar, seperti yang diungkapkan oleh Lingga Wishnu, “ prospek bunga rosemary cukup bagus sesuai dengan tren, apabila sudah menjadi tren maka banyak yang menyerbu dan akan menjadi mahal”. Dari prospek yang cerah ini kiranya petani mau mengembangkan tanaman ini sebagai tanaman yang komersil yang dibudidayakan sehingga akan mendapatkan keuntungan yang besar. Sekilas kalau dilihat secara awam tanaman ini mirip seperti anak cemara, namun kalau diteliti lebih cermat tanaman dengan aroma khas seperti bau minyak kayu putih ini tidak lain adalah bunga rosemary.

Ani Ratih

Sekilas kalau dilihat secara awam tanaman ini mirip seperti anak cemara, namun kalau diteliti lebih cermat
tanaman dengan aroma khas seperti bau minyak kayu putih ini tidak lain adalah bunga rosemary

About these ads