Fasilitasnya Mana?

Mahasiswa yang sedang praktikum di luar lahan praktikum klimatologi FP UB

Terpenuhinya  sarana dan prasarana dapat dijadikan salah satu indikasi terjaminnya mutu pendidikan. Peningkatan mahasiswa Universitas Brawijaya dirasakan sangat berdampak pada sistem pendidikan.

Pendidikan merupakan sebuah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran pada peserta didik. Peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, keilmuan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dalan masyarakat.

Paradigma baru dalam pendidikan menghendaki lulusannya mampu bersaing di dunia internasional. Lulusan yang memiliki kompetensi sesuai dengan kebutuhan perkembangan IPTEK dan kebutuhan dunia kerja. Dalam proses pendidikan perlu ditunjang sengan adanya sarana dan prasarana. Sarana dan prasarana adalah masukan dalam system penjaminan mutu akademik. Penyediaan dan pengaturan sarana dan prasarana harus dapat dimanfaatkan secara lebih efektif dan efisien.

Terpenuhinya sarana dan prasarana dapat dijadikan salah satu indikasi terjaminnya mutu pendidikan. Terkait dengan hal tersebut, peningkatan mahasiswa Fakultas Pertanian Universitas Brawijaya 2010 dan 2011 dirasakan sangat berdampak pada system pendidikan yang ada di Fakultas Pertanian terutama untuk ketersediaan fasilitas penunjang pendidikan. Lalu apa kata mereka terkait hal ini?

Dr. Ir. Djoko Koestiono, MS. Pembantu Dekan  II  Fakultas  Pertanian

Fasilitas sarana dan prasarana sudah direncanakan secara bertahap dan ada mekanisme pengadaan mulai tahun-tahun sebelumnya. Untuk fasilitas praktikum terutama lahan praktium telah disediakan lahan di ngijo sebagai fasilitasnya. Nantinya, pada tahun-tahun kedepan, pelaksanaan praktikum akan dilaksanakan diluar kampus karena keakuratan data yang diperoleh (lahan BP) sekarang kurang. Sehingga nantinya lahan praktikum, rumah kaca, dan Unit Pelaksana Teknis (UPT) Klimatologi akan dibangun di ngijo dan dilaksanakan secara bertahap mulai tahun ini (2011, RED.).

Alfrianto Agroekoteknologi 2011

Awal masuk Brawijaya ada kesan yang bagus, kalau melihat sarana prasarana setelah masuk, saya rasakan lumayan tapi masih perlu ditambahin, khususnya peralatan praktikum. Terasa sekali saat masuk ruang dengan jumlah 40 orang menjadikan kurang konsentrasi. Terbatasnya ruang laboratorium untuk praktikum mengakibatkan pelaksanaan praktikum dilaksanakan di teras-teras. Sekiranya perlu ada penambahan ruang laboratorium untuk praktikum.

Putu Puja W. Asisten Genetika 2011

Praktikum yang berhubungan dengan mahasiswa baru 2011, perlu  pengaturan jadwal yang teratur karena banyaknya jumlah maba angkatan 2011. Terbatasnya sarana ruang untuk praktikum mengakibatkan penjadwalan menjadi sulit. Akibatnya jadwal praktikum sering bentrok dengan jadwal praktikum yang lain. Adanya sentralisasi jadwal praktikum yang di kelola pihak fakultas menjadikan banyaknya jadwal yang bentrok karena kurangnya sosialisasi.

Sutrisno Agroekoteknologi 2010

Sarana ibadah yang terasa menyedihkan. meningkatnya mahasiswa pertanian menjadikan terasa kurangnya fasilitas ibadah, apalagi saat sholat jumat. Sering terjadi kewalahan untuk menyediakan tempat akibatnya banyak yang sholat jumat di masjid sumbersari. Selain itu kurangnya fasiltas ruang praktikum mengakibatkan dilaksanakannya praktikun di gazebo atau tempat yang lain, jadi mengurangi konsentrasi saat pelaksanaan. Apalagi kalo jadwal sama, maka salah satu kelompok harus mengalah dan mencari tempat lain.

Tijani Ahmad Takmir Masjid Al Falah

Untuk fasilitas ibadah memang masih kurang memadai, sering kita minta pada pihak dekanat untuk perbaikan. Namun pada bagian umum yang biasa survey sering mengatakan bahwa ini (fasilitas RED.) masih bisa dipakai. Untuk sekarang kendala yang dihadapi yaitu tempat, banyak yang tidak muat karena sudah overloud. Ada juga laporan dari mahasiswa putri untuk tahun ini lebih memilih sholat di Masjid Sumbersari karena disini sudah penuh.

Tio Nugroho Presiden BEM 2011

Sejauh ini sarana dan prasarana dirasakan kurang, terutama untuk fasilitas ruang untuk praktikum. Sering dijumpai saat turorial pun teman-teman nyari ruangan kesulitan, bahkan sampai malam jam 21.00 itu terjadi hingga rung BEM digunakan untuk tutorial. Sehingga terlihat adanya pemaksaan untuk penerimaan jumlah mahasiswa yang masuk dengan terbatasnya sarana dan prasarana penunjang perkuliahan. Harapannya untuk fasilitas pendidikan dengan jumlah mahasiswa ada keseimbangan.

Roboh. Kondisi lahan praktikum klimatologi yang tidak terawat.

Amin